Assalammu'alaikum
A. LATAR
BELAKANG
Dikarenakan
masih kurangnya dan terbatasnya pengetahuan atau repost yang
menjelaskan tentang Driver Wifi yang eror ketika Laptop HP install OS
Linux, maka saya MengPost artikel ini guna agar temen" bisa
mengatasi masalah tersebut, dan sebagai catatan buat Author.
Note
: Sebenernya banyak yang menjelaskan tentang driver wifi yang sering
eror pada Laptop HP ini, namun penyajiannya masih berupa Bahasa
Inggris.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Wi-Fi bisa berjalan semestinya.
2.
Fungsinya hampir sama dengan Tp-Link.
3.
Tidak perlu menginstall Driver Wifi
C. ALAT
DAN BAHAN
1.
Laptop
2.
CLI (Command Line / Terminal)
3.
Bahasa Pemrograman Bash
4.
Kecerdasan Emosional
D. JANGKA
WAKTU
Untuk
jangka waktu pemecahan masalah tersebut, Author dapat memecahkannya
kurang lebih 1 1/2 jam (satu setengah jam). Untuk temen" mungkin
tidak akan selama itu untuk mengikuti tutorial ini, karena tidak
menginstall apapun, namun hanya menjalankan perintah saja.
E. TAHAPAN
PENYELESAIN MASALAH
1.
Pertama, yang harus tmen" lakukan ialah masuk ke mode super user
dengan cara ketik $sudo su lalu ketikkan perintah
-
# lspci di CLI.
nah
di bagian network ada yang saya blog itu adalah type dari wifi kita
ingat ingat bagian itu
2.
Selanjutnya, kita akan buat sebuah File yang memakai Bahasa Bash yang
berguna untuk mengeksekusi perintah Bash. Ketikkan $sudo nano
<nama_file> disini saya menggunakan nama
" .wifi "
3.
Sesudah temen" tuliskan perintah seperti gambar dibawah ini,
jika sudah tekan tombol CTRL+ALT+X > TEKAN Y > ENTER .
Note
: rtl8723be ini merupakan versi dari driver wifi author yang bisa di
cek melalui lspci,
4.
Jika, sudah kalian save lalu coba terlebih dahulu, apakah perintah
bash tersebut berjalan atau tidak ? . Dengan mengetikkan perintah
#bash .wifi untuk .wifi tersebut sesuaikan dengan nama File yang
temen buat sebelumnya. Jika tidak terjadi apa" kalian ganti
angka "1" yang berapa pada bagian " "ant_sel=1"
ubah menjadi "ant_sel=2"
jika
sudah mengeksekusi perintah di atas, otomatis wifi akan seperti
gambar dibawah ini
5.
Nah, jika sudah bisa kita lanjut ke perintah bash selanjutnya yaitu
bagaimana cara menjalankan bash tadi tanpa memasukkan passwordnya dan
akan kita jalankan setiap kita reboot (startup).
6.
Kita, ketikkan # nano <nama_file>, author buat $sudo nano
tplink (beda dari yang tadi, kalau yang tadi depannya kita kasih
titik, ini tplink saja).
7.
Lalu, temen" ketikkan perintah lagi seperti gambar dibawah ini
nah
untuk password tersebut, bisa diisi password untuk masuk root (super
user) temen". Pencet Tombol CTRL+ALT+X > TEKAN Y > ENTER .
8.
Setelah itu, temen" bisa coba jalankan bash yang tadi temen"
buat dengan perintah #bash tplink .
9.
Setelah, berhasil maka sekarang temen" tinggal menambahkan kedua
File yang berisi perintah bash tersebut di Startup. Dengan Klik Menu
-> Ketikkan Startup -> Tekan Enter, maka akan muncul seperti
gambar dibawah.
10.
Jika, sudah maka temen" bisa menambahkannya dengan mengklik
button add -> custom command untuk menambahkan perintah bash yang
akan langsung di eksekusi pada saat laptop dinyalakan.
kita
tambahkan commandnya bash namafolder/namafile contoh author, bash
/home/ityamid/.tplink nah, /home/itaymid ini adalah letak dari file
.tplink tersebut. Jika sudah, klik button Add.
11.
Untuk menambahkan yang satunya lagi kita juga harus melakukan hal
yang sama namun dengan Name, dan command yang berbeda.
12.
Jika sudah semua, maka kita restart laptop kita dan lihat hasilnya
KESIMPULAN
Jadi,
untuk mengatasi suatu masalah kita harus mengetahui apa masalah
tersebut dan jika tidak tau solusinya kita bisa menanyakannya ke
orang yang lebih tau atau bisa bertanya di Mbah Google.
REFERENSI
askubuntu

